Nusantara

Jelang Imlek, Warga Etnis Tionghoa Bali Bersihkan Patung Dewa

INDOPOSCO.ID – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2572, masyarakat etnis Tionghoa di Pulau Dewata menggelar ritual pembersihan patung dewa yang berjumlah ratusan di Griya Kongco Dwipayana Tanah Kilap, Denpasar, Bali.

Ida Bagus Adnyana, pemangku di Griya Kongco Dwipayana Tanah Kilap mengatakan, tujuan pembersihan patung dewa itu supaya para dewa kembali ke langit sebelum dibersihkan.

”Sebelum melakukan pembersihan, umat terlebih dahulu melakukan persembahyangan untuk mengantar dewa ke langit,” ujarnya kepada Antara di Denpasar, Sabtu (6/2/2021).

Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), para umat melakukan prosesi pembersihan patung dewa di Kongco ini untuk persiapan menyambut Tahun Baru Imlek 2572 yang dilaksanakan pada 12 Februari 2021.

Pembersihan dimulai dengan menurunkan patung dewa dari tempat persembahyangan dan membersihkan sekaligus mengecat beberapa bagian tempat suci di lingkungan kongco.

Patung dewa ini dibersihkan oleh umat menggunakan air suci atau tirta yang berisi bunga. Setiap umat yang membersihkan patung dewa diwajibkan memakai masker.

“Kami juga melakukan pemasangan umbul-umbul, lampion, pembersihan tempat persembahyangan dan pembersihan lingkungan kongco ini,” ujarnya.

Di Kongco ini terdapat ratusan patung dewa yang terlengkap di Bali. Dewa tersebut seperti Ong Tai Jin, Dewa Kwankong, Dewa Laut, Ratu Syahbandar, Sam Po Kong, Dewa Naca, dan Patung Tujuh Dewi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button