Nusantara

Ribuan Nakes Banten Gagal Divaksin

Terakhir, Kota Cilegon, jumlah total nakes yang menjadi sasaran vaksinasi sebanyak 2.268 orang. Namun, yang melakukan registrasi ulang hanya sebanyak 2.249 orang, nakes yang divaksin sebanyak 668 orang, nakes yang menunda divaksin sebanyak 139 orang dan nakes yang gagal divaksin sebanyak 114 orang.

Ati menjelaskan, vaksinasi tahap awal termin pertama di Provinsi Banten dilakukan di dua daerah yakni Kota Tangerang Selatan dan Kota Serang.

“Suntikan pertama dilakukan pada tanggal 15 Januari-1 Februari 2021. Suntikan kedua, dilakukan pada tanggal 29 Januari-15 Februari 2021,” ujarnya.

Lebih lanjut Ati menjelaskan, untuk vaksinasi tahap awal termin kedua dilakukan di enam kabupaten/kota yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak dan Kota Cilegon.

“Suntikan pertama dilakukan pada tanggal 25 Januari-11 Februari 2021. Sementara suntikan kedua, dilakukan pada tanggal 8 Februari-25 Februari 2021,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Agus Sukmayadi, menjelaskan, untuk Kabupaten Serang, dari jumlah sasaran sebanyak 3.539 nakes, yang melakukan registrasi ulang hanya sebanyak 3.521 orang, nakes yang divaksin hanya sebanyak 268 orang, nakes yang menunda divaksin sebanyak 82 orang, dan nakes yang gagal divaksin sebanyak 1.001 orang.

“Nakes yang gagal divaksin paling banyak terdapat di Kabupaten Serang. Alasannya karena komorbid, pernah terpapar Covid-19, sedang hamil dan sedang menyusui,” ujar Agus.

Agus menjelaskan, untuk nakes yang menunda divaksin disebabkan oleh beberapa alasan di antaranya karena tensi tinggi, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), hipertensi, diare, menunggu hasil swab, demam, batuk, pilek, diabetes melitus (DM) tipe 2 dan asma. (yas)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button