Gaya Hidup

Nikmati Akhir Pekan, Yuk Coba Resep Sinole dari Maluku

INDOPOSCO.ID – Sabtu (14/8/2021). Merayakan kemerdekaan Indonesia di rumah saja bisa dilakukan dengan berkreasi di dapur membuat masakan yang jarang ataupun belum pernah Kamu ciptakan. Coba berkreasi dengan sagu, salah satu bahan makanan asli Indonesia.

Dengan ragam kultur budaya di 34 provinsi, Indonesia memiliki banyak jenis makanan khas yang tersebar di tiap daerah. Seperti di Maluku, sagu dipakai sebagai bahan dasar untuk membuat sinole. Santapan yang biasa disebut karu- karu oleh masyarakat Maluku ini terbuat dari tepung sagu dicampur dengan kelapa parut yang kemudian didadar dalam wajan. Setelah kulit sinole matang, dilumuri oleh gula merah ataupun gula pasir sebagai perasa, lalu digulung.

Meskipun berasal dari Maluku, seperti dilaporkan Antara, Sabtu (14/8/2021), sinole juga biasa dikonsumsi di daerah lain di timur Indonesia seperti Papua. Di sana, sinole disantap sebagai jajanan pasar yang enak dikonsumsi sebagai teman minum kopi ataupun teh manis panas. Sinole cocok dinikmati pada sore hari ketika sedang bercengkrama bersama keluarga di rumah.

Bahan-bahan:

– Tepung sagu Sapapua 80 gr

– Kelapa parut 100 gr

– Garam 1/4 sdt

– Gula merah 30 gr

Bahan-bahan untuk saus:

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button