Internasional

Negara-Negara Muslim Upayakan Penyelidikan PBB Dalam Konflik Palestina

INDOPOSCO.ID – Negara-negara Muslim meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menyelidiki kemungkinan kejahatan yang dilakukan selama konflik 11 hari antara Israel dan kelompok militer Palestina Hamas serta untuk menetapkan tanggung jawab komando.

Dewan Hak Asasi Manusia PBB akan mengadakan sesi khusus tentang konflik terbaru pada Kamis, atas permintaan Pakistan, sebagai koordinator Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan negara Palestina, dikutip dari Antara.

Negara-negara tersebut mengajukan rancangan resolusi pada Selasa malam yang akan membentuk komisi penyelidikan internasional independen untuk menyelidiki semua pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Palestina yang diduduki, termasuk Yerusalem Timur, dan di Israel, sejak 13 April.

Rancangan resolusi itu juga akan memeriksa semua akar penyebab yang mendasari pelanggaran HAM, ketegangan dan ketidakstabilan, “termasuk diskriminasi dan penindasan sistematis berdasarkan identitas nasional, etnis, ras atau agama”.

Tim independen akan mengumpulkan dan menganalisis bukti kejahatan yang dilakukan, termasuk materi forensik, “untuk memaksimalkan kemungkinan diterimanya dalam proses hukum”.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button