Native Ads

KemenkopUKM Siap Kolaborasi dengan Sound of Borobudur

INDOPOSCO.ID – Kementerian Koperasi dan UKM siap berkolaborasi dengan para seniman, pelaku wisata, dan UMKM di kawasan wisata Candi Borobudur. Termasuk bersinergi dengan Sound of Borobudur (SoB), yang merupakan intelectual property (IP) strategis dalam membangun kebanggaan, pemberdayaan bagi budaya, dan para pelaku usaha berbasis budaya.

“Kami siap berkolaborasi untuk mengembangkan model seperti ini,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, saat menjadi keynote speaker pada Seminar dan Lokakarya bertemakan “Borobudur Pusat Musik Dunia” pada Bussiness Session yang diselenggarakan oleh Padma Sada Svargantara, Omah Mbudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (8/4/2021) malam.

MenkopUKM bahkan punya gagasan untuk mementaskan SoB pada acara Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) Tahun 2022, saat Indonesia menjadi tuan rumah. “Kalau ini ditampilkan akan sangat luar biasa,” ujar Teten.

Menurutnya, SoB merupakan sebuah IP potensial yang bisa menjadi simpul agregator UMKM di Borobudur. Teten mengusulkan agar SoB juga dapat mewujudkan format kelembagaan koperasi.

Secara ekosistem, lanjut Teten, kelembagaan SoB dapat berperan sebagai pendampingan langsung ke masyarakat, mengkonsolidasikan aspek pembiayaan bagi pelaku usaha yang terlibat, dan rumah produksi bersama atau factory sharing.

Selain itu, SoB juga menjadi akses rantai pasok serta pasar produk artisan, akses pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui LKPP dan BUMN melalui Padi UMKM serta memoderasi seluruh mitra agregator dan pendamping UMKM.

Pada kesempatan itu, Teten mengajak stakeholder terkait, seperti Bank Indonesia, untuk menjadi pembina atau pendamping agar proses perjalanan dapat berkelanjutan dan dapat bermitra dengan industri besar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button