Nasional

ASO Dilakukan 2 November 2022 secara Bertahap

Adapun “ASO” merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Lebih lanjut, dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyampaikan dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, terdapat 8 kabupaten/kota di 4 wilayah siaran yang telah dilakukan ASO pada bulan April 2022.

Selanjutnya, ucap dia, pada 2 November 2022, wilayah Jabodetabek yang terdiri atas 9 kabupaten/kota akan dilaksanakan ASO.

“Lalu, 173 kabupaten/kota non-teresterial service atau tidak ada layanan TV teresterial. Dengan demikian, ada 222 kabupaten/kota yang total analog switch off dan masih terdapat 292 kabupaten/kota yang akan kami lakukan analog switch off sesuai kesiapan-kesiapan wilayah,” lanjut Johnny.

Ia pun mengatakan pada tanggal 2 November 2022, keseluruhan infrastruktur multipleksing (MUX) sudah akan tersedia, baik yang disiapkan oleh penyelenggara MUX yaitu televisi-televisi swasta yang sudah memiliki lisensi maupun pemerintah dalam hal ini Kemkominfo dan TVRI. Namun, dari sisi distribusi set top box masih harus disempurnakan sehingga pelaksanaan ASO dilakukan secara bertahap. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button