Nasional

Konsep ‘Smart City’ Diyakini Mampu Pancing Satwa Endemik Datang

INDOPOSCO.ID – Konsep “Smart City” di Ibu Kota Nusantara (IKN) di antaranya dengan menerapkan konsep forest city atau kota hutan, diyakini dapat memancing satwa endemik Kalimantan datang seperti bekantan, monyet, orangutan, burung enggang, hingga berbagai satwa lain.

“Aneka satwa ini dulunya hidup di kawasan itu, namun karena hutan rusak akibat perambahan sehingga mereka pergi, kini dengan kehadiran IKN yang mengusung konsep kota hutan dalam bagian smart city, tentu para satwa akan kembali,” ujar Martinus, anggota DPRD Provinsi Kaltim di Samarinda, Minggu.

Ia mengapresiasi konsep pembangunan hijau yang diterapkan pemerintah di kawasan IKN, karena pola seperti ini merupakan pembangunan yang tidak sekadar berorientasi pada kepentingan manusia, tapi makhluk lain pun diberi hak untuk hidup.

Untuk mewujudkan kembalinya berbagai satwa endemik ke lokasi yang kini jadi kawasan IKN tersebut, lanjutnya, maka diperlukan pohon endemik pula yang tumbuh di sana seperti mangga hutan (kweni), tengkawang, ara, bengalon, dan lainnya.

Baca Juga: DKI Jakarta Harapkan Kolaborasi IA ITB Bangun “Smart City”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button