Nasional

Fosil Tulang Belakang Gajah Purba Ditemukan di Situs Patiayam Kudus

INDOPOSCO.ID – Penemuan fosil di area Situs Patiayam Desa Terban, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah kembali terjadi dengan ditemukannya fosil tulang belakang dan tulang rusuk gajah purba.

“Lokasi penemuan masih berada di satu kawasan dengan temuan gading gajah sepanjang 2,5 meter yang ditemukan enam bulan lalu,” kata Koordinator Museum Purbakala Patiayam Kudus Jamin di Kudus, Kamis.

Penemu fosil, kata dia, merupakan petani penggarap lahan yang juga menemukan fosil gading gajah sebelumnya ketika tengah melakukan aktivitas cocok tanam di sekitar bukit Patiayam.

Ia memperkirakan terdapat satu individu gajah purba, sebab dengan temuan sebelumnya masih dalam satu koordinat.

Temuan fosil tulang belakang dan tulang rusuk tersebut, kata dia, sudah ditindaklanjuti dengan kegiatan penyelamatan temuan fosil gading gajah purba bersama tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran dan pengangkatan temuan dilakukan pada Rabu (28/9) untuk dibawa ke Museum Situs Purbakala Patiayam.

Sementara pengangkatan fosil gading gajah purba sepanjang 2,5 meter dimulai pada awal Agustus 2022. Kemudian, pada 8 Agustus 2022 dievakuasi ke Museum Patiayam Kudus.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button