Nasional

Pola BLT Buat Masyarakat Ketergantungan Kepada Pemerintah

INDOPOSCO.ID – Pengamat Ekonomi Regional dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), James Adam menilai bahwa program pemberian bantuan langsung tunai (BLT) dapat membuat warga yang menjadi penerima dapat mengalami ketergantungan kepada pemerintah.

“Menurut saya pola pemberian BLT tidak usah lagi diteruskan karena berdampak buruk bagi si penerima yang pada akhirnya ketergantungan kepada pemerintah,” kata James kepada Antara di Kupang, Selasa (6/9).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan pemberian BLT oleh pemerintah kepada masyarakat kurang mampu akibat dampak dari kenaikan harga BBM di Indonesia.

Menurut James, sebaiknya anggaran yang besar itu digunakan untuk membuat program-program ekonomi yang sifatnya jangka panjang dan lebih berdampak positif kepada masyarakat untuk jangka panjang.

Baca Juga: Presiden Jokowi: BLT BBM Disalurkan Pekan Depan

“Program-program itu misalnya seperti pengurangan angka pengangguran serta kemiskinan di Indonesia,” ujar dia seperti dikutip Antara, Selasa (6/9/2022).

Ia pun menilai bahwa BLT BBM per bulan Rp150 ribu untuk empat bulan ke depan, adalah bantuan yang sifatnya insidentil dan tidak sama sekali dapat menolong masyarakat kecil dalam jangka panjang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button