Nasional

Tingkatkan Nilai Tambah, Menkominfo Dorong Pemanfaatan Teknologi Web 3.0

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo terus mendorong anak bangsa mewujudkan peluang yang begitu besar dengan membangun ekosistem teknologi secara komprehensif.

“Kominfo sebagai regulator, fasilitator, dan akselerator, untuk upaya transformasi digital, berusaha menggelar infrastruktur digital agar lebih merata untuk semua orang di setiap bagian nusantara,” tandas Menkominfo.

Salah satu langkah Kementerian Kominfo dengan mengambil kebijakan responsif untuk juga fokus dan mendorong pengembangan data center.

“Data memiliki peran penting dari setiap inovasi digital. Oleh karena itu, dengan bersama perusahaan teknologi, Kominfo membangun empat Pusat Data Nasional atau cloud pemerintah,” ujarnya.

Sebelumnya, Menkominfo mengungkap generasi pertama Web 3.0 yang dikenal dengan teknologi blockchain bisa menyediakan jaringan terdesentralisasi dan dapat dioperasikan semua orang menggunakan teknologi terkini. Mengutip hasil penelitian terbaru, ukuran pasar global Web 3.0 yang mencapai UDS3,2 miliar pada tahun 2021 dan diproyeksikan mencapai USD8,5 miliar pada tahun 2030.

Potensi itu akan bisa dioptimalkan dengan ketersediaan infrastruktur digital yang sudah dibangun Pemerintah berupa jaringan backbonefiber optic, jaringan middle mile berupa sateit dengan kapasitas besar (ultra-high throughput satellite) dan the last mile berupa Base Transceiver Station (BTS).(arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button