Nasional

Ini Upaya Indonesia untuk Atasi Kesenjangan Digital

SAI20 Summit

“Kami membangun Infrastruktur TIK hulu melalui penggelaran jaringan backbone serat optik yang terbentang sepanjang 459.000 Km di darat dan bawah laut di seluruh nusantara,” jelasnya.

Pembangunan infrastruktur digital juga berlangsung di lapisan middle-mile. Saat ini Indonesia menggunakan 9 satelit untuk keperluan telekomunikasi dengan total 150 Gbps. Menurut Menkominfo, Indonesia akan meluncurkan dua satelit high throughput orbit geostasioner SATRIA-I dan Hot Backup Satellite dengan total kapasitas 300 gigabit per detik pada tahun 2023.

“Tahun depan, kita akan memiliki enam dari sembilan kapasitas satelit untuk mendukung kebutuhan Indonesia, serta pemerataan penyebaran Base Transceiver Station di last-mile. Di Indonesia, kami telah mengerahkan lebih dari setengah juta BTS di seluruh nusantara, termasuk di daerah-daerah terdepan, terpencil dan tertingga (3T) di negeri ini,” jelasnya.

Johnny mengapresiasi SAI20 sebagai kelompok kerja baru dalam Presidensi G20 Indonesia.

“Sebagai inisiatif kelompok kerja baru, SAI20 telah secara efektif menangani masalah-masalah dunia untuk pulih lebih kuat, termasuk mengambil langkah penting dalam transformasi digital,” ungkapnya.(arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button