Nasional

Ini Upaya Indonesia untuk Atasi Kesenjangan Digital

SAI20 Summit

INDOPOSCO.ID – Saat ini di Indonesia, penggunaan perangkat digital bertumbuh hingga 21 juta orang pada semester pertama tahun 2021. Sejak pandemi Covid-19 kondisi itu berkontribusi terhadap penetrasi digital Indonesia yang secara konsisten tumbuh dari 64,8 persen di tahun 2020 menjadi 73,7 persen pada tahun 2021.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan upaya meningkatkan penetrasi digital bukan tanpa tantangan, apalagi di tengah kondisi geografis Indonesia yang berupa kepulauan.

“Penetrasi internet menjadi 77,9 persen pada tahun 2022, dengan letak geografis yang luas, Indonesia memiliki tantangan untuk menyediakan infrastruktur digital yang sama luasnya,” ungkapnya dalam Supreme Audit Institution G20 (SAI20) Summit yang berlangsung secara hibrida dari Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Selasa (30/8/2022).

Baca Juga : Tak Berjalan Baik, Menkominfo Diminta Evaluasi Kinerja Bakti

Menurut Johnny sebagai negara dengan ekonomi digital yang tumbuh paling cepat di Asia Tenggara, Indonesia terus berupaya mengatasi masalah ketimpangan ruang digital. Kementerian Kominfo telah menyiapkan dan mempercepat penggelaran infrastruktur digital secara komprehensif.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button