Nasional

Peneliti BRIN Temukan Lukisan Figuratif Tertua di Dunia

Ia mengatakan riset tersebut merupakan sinergi dan kolaborasi berbagai pihak, yakni Pusat Penelitian Arkeologi Nasional dan Balai Arkeologi Makassar yang sekarang bergabung dengan BRIN, arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan serta dosen dan mahasiswa di Universitas Hasanuddin dan Unhalu (Universitas Halu Oleo) Kendari.

“Selain itu, juga banyak peran dari warga di sekitar situs rock art dalam proses survei dan penelitian,” ujar Adhi.

Sementara Rustan LP Santari menuturkan orang-orang zaman purba diduga telah membuat lukisan tersebut dengan cara melukis dengan menggunakan kuas yang bisa saja di masa itu dibuat dari bahan akar-akaran atau ranting-ranting yang dimodifikasi.

Berita Terkait

“Cara yang kedua, khususnya untuk lukisan gambar tangan adalah dengan cara meletakkan tangan di dinding gua kemudian di beri pewarna,” ujar Rustan.

Sedangkan Budianto Hakim mengatakan rentetan penemuan yang dimulai dari 2014 hingga sekarang menjelaskan bahwa leluhur di Nusantara lebih menonjol dibanding leluhur bangsa Eropa.

“Ini memperkuat pondasi ataupun konstruksi identitas kebangsaan kita,” tuturnya.

Selain kategori Sains, PAB XVIII 2022 juga memberikan penghargaan pada empat kategori lainnya, yaitu Sastra, Pemikiran Sosial, Kedokteran, dan Ilmuwan Internasional Berjasa untuk Indonesia. (bro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button