Nasional

Anggota DPR Puji Pemerintahan Jokowi Tangani Gejolak Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun memuji kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengoordinasikan penanganan masalah ekonomi guna menangani gejolak ekonomi akibat pandemi Covid-19 dan lonjakan harga minyak dunia.

“Arahan Presiden Jokowi di sektor ekonomi dijalankan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Pak Airlangga Hartarto, ada Menteri Keuangan Bu Sri Mulyani yang memerankan kebijakan fiskal yang sangat bagus, lalu didukung peran Pak Perry bersama jajaran Bank Indonesia,” kata Misbakhun dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (14/8).

Ia mengatakan capaian tersebut tak terlepas dari koordinasi yang baik antara Presiden Jokowi, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, hingga Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Berita Terkait

Misbakhun menyatakan hal itu di depan ratusan konstituennya pada kegiatan ‘Sosialisasi Cinta Rupiah: Bela Negara Tanpa Senjata’ yang digelar di Kantor Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (13/8).

Sekjen Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) itu lantas mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diumumkan pada 5 Agustus lalu. Menurut Misbakhun, BPS mencatat ekonomi Indonesia tumbuh 5,44 persen.

“Positif. Di saat luar negeri mengalami gejolak harga BBM, di Indonesia naik atau enggak? Kan, enggak,” ujarnya.

Misbakhun menyatakan pemerintah memilih mempertahankan subsidi BBM. Namun, dia menyebut kebijakan fiskal dalam menjaga harga BBM harus ditopang kebijakan moneter.

Menurut Misbakhun, BI sebagai pihak yang menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter punya andil besar dalam menjaga ketersediaan dana.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button