Nasional

Perpustakaan, e-Resources, dan Perannya dalam Perumusan Kebijakan Publik

Komitmen senada pun diungkapkan oleh Sekretaris Utama Perpusnas RI Ofy Sofiana yang diwakili oleh Pelaksana tuga (Plt) Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Perpusnas RI Yuliatry Bunga. Perpusnas terus bertekad dan berupaya untuk memberikan layanan prima dan berorientasi kepada pemustaka dalam layanan perpustakaan.

“Kami mengajak pegawai Kementerian PANRB untuk memanfaatkan secara maksimal seluruh koleksi dan layanan yang diselenggarakan Perpusnas dan siap membantu dalam bentuk dukungan referensi untuk pengembangan Kementerian PANRB,” tutur Yuliatry.

Di era digital, tumbuh bahan bacaan yang sifatnya digital, terbuka dan mudah diakses melalui layanan e-Resources.

“Bantuan untuk penelusuran informasi dan referensi, termasuk jika kesulitan untuk menemukan artikel yang sesuai di e-Resources, dapat berkonsultasi dengan pustakawan Perpusnas dalam layanan Tanya pustakawan melalui surat elektronik dan chat,” terangnya.

Layanan e–Resources dapat diakses melalui https://e-resources.perpusnas.go.id. Subkoordinator Layanan Referensi, Monografi, Berkala Mutakhir, dan Multimedia Perpustakaan Nasional Arief Wicaksono menjelaskan terkait cara mengakses e–Resources yang merupakan layanan unggulan Perpusnas tersebut. Untuk menggunakan e-Resources, seseorang harus terlebih dahulu menjadi anggota Perpusnas.

“Untuk menjadi anggota Perpusnas bisa mendaftar online melalui https://keanggotaan.perpusnas.go.id/daftar.aspx. Setiap anggota Perpusnas dan telah memiliki nomor anggota yang sah, berhak memanfaatkan layanan e-Resources serta bisa mendapatkan akses ke buku dan jurnal (artikel) internasional,” pungkasnya.

e-Resources sejatinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis kebutuhan. Diantaranya kebutuhan menulis untuk pengembangan profesi (butir kegiatan fungsional), update perkembangan keilmuan sesuai bidang, maupun dasar menjalankan dan menyelesaikan pekerjaan, termasuk sebagai referensi perumusan kebijakan publik. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button