Nasional

PMK Merebak di Sulsel, Karantina Pertanian Perketat Lalu Lintas Ternak

INDOPOSCO.ID – Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kini tengah merebak di Sulawesi Selatan (Sulsel), yakni 14 Kabupaten / Kota yang terdampak PMK telah menempatkan Sulsel sebagai zona merah. Menurut data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan tercatat 1.589 ekor hewan yang terjangkit PMK di Sulsel, dimana 689 kasus terjadi di Jeneponto.

Kepala Karantina Pertanian Makssar, Kementerian Pertanian, Lutfie Natsir terjun langsung ke wilayah kerja pertanian Makassar yang berada di Jeneponto, Rabu (3/8/2022). Dalam kunjungannya, Lutfie meminta Penanggung Jawab Wilker Jeneponto untuk terus melakukan sinergi dengan instansi terkait dalam hal memperketat pengawasan lalu lintas media pembawa di Pelabuhan Laut Jeneponto guna meredam PMK.

“Kami di Karantina Pertanian Makassar sebagai unit pelaksana teknis Kementerian Pertanian di Sulawesi Selatan telah melakukan Bio Security Maximum. Pengawasan port to port telah kami lakukan, mengantisipasi merabaknya wabah PMK maka sinergi antar instansi harus semakin di perkuat sebagai ujung tombak pengawasan lalulitan hewan rentan PMK,” ujarnya.

“Semua harus kita upayakan agar nantinya Sulsel kembali menjadi zona hijau. Dengan penanganan yang tepat dan ketat, kita berharap dapat memutus mata rantai penyebaran PMK ini,” sambung Lutfie.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button