Nasional

SSI: Prabowo Bisa Selesaikan Tiga Persoalan Utama Masyarakat Indonesia

INDOPOSCO.ID – Meski masih sekitar 20 bulan lagi digelar, namun pemilihan presiden (pilpres) 2024 sudah menjadi topik panas yang dibahas sejak hari ini. Terbukti, penjajagan koalisi dini sudah mengemuka.

Sebut saja koalisi Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang berlabel Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Ada juga koalisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan sebutan ‘Kebangkitan Indonesia Raya’.

Ada pula koalisi prematur yang coba digalang Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan stempel ‘Semut Merah’. Penjajagan koalisi permulaan parpol-parpol ini tak lain dilakukan sebagai upaya agar syarat 20 persen kursi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) bisa terpenuhi guna mengusung kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada pesta demokrasi 2024 mendatang.

Dalam upaya membangun koalisi, para partai politik (parpol) tentu sangat mempertimbangkan nama capres yang akan diusung.

Setidaknya ada tiga poin utama sebagai bahan pertimbangan, Pertama, elektabilitas capres terkait. Kedua, kemungkinan capres tersebut mendapatkan boarding pass tiket parpol. Ketiga, capres yang diusung harus bisa menjadi jawaban untuk menyelesaikan persoalan-persoalan utama yang sedang dihadapi masyarakat.

Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI), Abdul Hakim MS mengatakan, melihat proyeksi kriteria parpol dalam membangun koalisi dengan mengacu pada tiga poin tersebut, bisa disimpulkan bahwa Prabowo-Gerindra saat ini akan menjadi salah satu tonggak sumbu utama atau magnet penentu arah koalisi parpol jelang pemilihan umum (pemilu) 2024.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button