Nasional

Teruskan Regenerasi Petani melalui Bimtek Calon Pengusaha Petani Muda

Dukung Program CSA

“Negara-negara maju sekalipun, pertanian tetap menjadi sektor penting dan krusial. Bahkan para pelaku pertanian memiliki peran penting di negara-negara tersebut,” katanya, belum lama ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunanan Provinsi Jawa Tengah, Supriyanto mengatakan, pemerintah derah terus menumbuhkan dan mengembangkan petani dan pengusaha muda pertanian yang adaptif dan digital, khususnya di lokasi Program SIMURP.

Menurutnya, generasi muda jangan malu jadi petani.

“Ada yang salah dari orang tua kita yang tidak memuji kalau anaknya jadi petani. Padahal petani muda era digital, menjadi pengusaha pertanian merupakan pilihan yang tidak keliru. Terbukti. betapa kuatnya sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi di masa Covid-19,” ungkapnya.

“Masih banyak peluang pasar organik yang bisa dijadikan bisnis anak muda. Untuk itu, Pemerintah Jateng terus melakukan pengembangan petani muda bersama pengusaha lokal dengan membentuk mitra usaha yang saling menguntungkan,” kata Supriyanto.

Sementara itu, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Kementerian Pertanian, Bustanul Arigin Caya mengatakan, konteks dilakukan Bimtek adalah menumbuh dan mengembangkan petani milenial untuk membangun pembangunan berkelanjutan.

“Kalau bagus di on farm saja, tidak cukup. Kelemahan kita adalah produktivitas tidak dinikmati petani, karena dijual dalam bentuk padi. Di luar negeri petani kaya, karena menikmati produksi sampai hilirnya dan memasarkan secara kekinian penggunaan IoT dan itu harus dikembangkan ke anak muda agar mereka tertarik berusaha di sektor pertanian,” ujarnya.

“Pengusaha di manapun, pasti banyak yang menggunakan perbankkan, maka pemerintah menyiapkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) kepada petani untuk bisa dimanfaatkan agar bisa terus berbudidaya usaha pertaniannya. KUR itu ada, tanda usaha pertanian menghasilkan dan menguntungkan, makanya perbankkan mau memberikan KUR,” ucap Bustanul.(arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button