Nasional

Menag Resmikan Tosari sebagai Kecamatan Bhinneka Tunggal Ika

INDOPOSCO.ID – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meresmikan Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, sebagai kecamatan Bhinneka Tunggal Ika yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, Jumat (17/6).

Peresmian tersebut digelar di sela-sela Jambore Kemah Bhakti dan Rakornas Banser di Lapangan Desa Ledok, Pasuruan.

“Saya kagum atas Bhinneka Tunggal Ika di Tosari. Terus jaga dan pupuk dengan baik. Jangan sampai ada siapapun yang memecah belah persatuan dan kesatuan antarwarga,” katanya, dikutip dari Antara.

Menurut dia, saat ini ada banyak oknum yang mengatasnamakan agama dan ulama untuk kepentingan yang tidak baik. “Ujungnya adalah memecah belah persatuan dan kesatuan antarwarga,” kata Yaqut.

Baca Juga: Kemenag Bantah Isu Aceh akan Kelola Haji Sendiri

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan selain peresmian Tosari sebagai Kecamatan Bhinneka Tunggal Ika juga ada Desa Ngadiwono yang juga diresmikan sebagai Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama serta Masjid Pancasila di Dusun Banyumeneng.

Menurut Irsyad, jumlah penduduk di Kecamatan Tosari mencapai 19.555 orang. Dari jumlah tersebut, 12 ribu penduduk di antaranya beragama Hindu, 6 ribu penduduk Muslim, dan sekitar 500 penduduk Kristen.

“Meski didominasi umat Hindu, namun toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Kecamatan Tosari sangat baik. Dalam artian antara pemeluk agama satu dengan yang lain saling menghormati,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button