Nasional

Tingkatkan Kapasitas SDM, Kembangkan Pertanian dari Hulu hingga Hilir

Di sini, sekitar 170 orang yang terdiri atas petani milennial dan penyuluh Melawi hadir pada kegiatan bimtek peningkatan kapasitas petani dan penyuluh yang dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut, sejak 19-20 Mei 2022.

“Bimtek ini sangat bermanfaat bagi peserta yang hadir, karena bimtek ini nantinya diharapkan mampu mendongkrak kapasitas dan kemampuan peserta,” sebut Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Melawi, Sartika.

Sedangkan, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru, Budi Santoso mengatakan, program Komando Strategi Pertanian (Kostratani) adalah kegiatan mengembangkan dan meningkatkan SDM pertanian untuk Indonesia yang makmur dan maju, dengan melibatkan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) mulai dari tingkat pusat hingga tingkat desa.

“Kostratani merupakan gerakan pembaharuan pembangunan pertanian melalui optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian,” jelasnya.

Anggota Komisi IV DPR RI, Yessi mengingatkan, penyuluh merupakan garda terdepan dalam pertanian yang wajib memberikan pendampingan, menjadi teman, sahabat, memberikan edukasi dan sosialisasi kepada petani, pekebun dan peternak.

“Untuk petani, sepulang dari sini minimal sudah punya gambaran. Dan inilah langkah awal dari keseriusan pemerintah berkolaborasi dari pusat hinga daerah, pemerintah hadir untuk keberlangsungan para petani di Indonesia,” tegasnya. (arm)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button