Nasional

Forsesdasi Pegang Peranan Kunci sebagai Change Leader bagi ASN Daerah

INDOPOSCO.ID – Transformasi kinerja aparatur sipil negara (ASN) terus digenjot untuk mempercepat terwujudnya ASN dan birokrasi berkelas dunia.

Deputi bidang Sumber Daya Manusia Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni menegaskan, pada lingkup ASN daerah, Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) memegang peran kunci sebagai pemimpin perubahan (change leader) guna memastikan transformasi dapat diimplementasikan menyeluruh.

“Teman-teman Sekretaris Daerah baik Provinsi, Kabupaten, maupun Kota merupakan change leader bagi ASN di daerah, tidak cukup hanya menjadi role model, tapi harus menjadi guardian bagi core values ASN sesuai panduan perilaku BerAKHLAK,” ujarnya saat menjadi narasumber Rapat Kerja Nasional Forsesdasi di Jakarta, Senin (23/5).

Dijelaskan, pekerjaan rumah dalam rangka transformasi menyeluruh ASN masih sangat banyak. Pemerintah telah membagi fokus transformasi menjadi transformasi organisasi, transformasi SDM Aparatur, dan transformasi sistem kerja.

Transformasi organisasi dilakukan dengan delayering eselonisasi dan membangun organisasi yang agile, fleksibel, dan kolaboratif. Sementara itu, transformasi sistem kerja dilakukan dengan pendekatan digitalisasi pelayanan publik dan digitalisasi proses bisnis pemerintah.

“Untuk transformasi SDM Aparatur, kami punya strategi 6P, yang salah satu ‘P’nya adalah penguatan budaya kerja dengan landasan BerAKHLAK yang merupakan singkatan dari Beriorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, serta employer branding Bangga Melayani Bangsa,” jelas Alex.

Pada kesempatan tersebut, ia juga meminta agar Forsesdasi berperan dalam mengawal dan bertanggung jawab atas implementasi semua inisiatif terkait transformasi ASN di unit kerja masing-masing. Pimpinan daerah juga diharapkan dapat memberikan umpan balik untuk kesuksesan implementasi manajemen ASN berbasis sistem merit di unit kerja masing-masing.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button