Nasional

Ini Penyebab Tingginya Angka Kecelakaan di Jalan Raya

INDOPOSCO.ID – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah penyebab masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas di jalan, antara lain faktor cuaca dan sarana serta prasarana transportasi darat.

Dalam FGD: Sidang Para Pakar Keselamatan Transportasi Jalan yang dipantau di Jakarta, Rabu, Budi menuturkan belakangan ini banyak kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan angkutan umum baik angkutan barang maupun angkutan penumpang.

“Terjadinya kecelakaan lalu lintas tentunya tidak terlepas dari kondisi iklim dan cuaca ekstrem saat ini serta beberapa faktor yang mempengaruhi keselamatan di jalan raya, meliputi budaya berlalu lintas, kompetensi pengemudi, pemahaman regulasi serta kondisi sarana prasarana transportasi darat,” katanya, seperti dikutip Antara, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga : Menhub Dorong Pengembangan Angkutan Kargo Di Bandara Kertajati

Budi mengatakan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan adalah suatu keadaan terhindarnya setiap orang dari risiko kecelakaan selama berlalu lintas.

Namun, keselamatan transportasi jalan juga perlu diimbangi dengan keterlibatan dan partisipasi aktif pihak-pihak terkait baik pengguna jasa maupun pemilik dan operator, serta pemerintah sebagai pengatur sistem transportasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button