Nasional

Anggota DPR Pertanyakan Nasionalisme Pengusaha Minyak Goreng

INDOPOSCO.ID – Anggota DPR RI Bambang Dwi Hartono menyoroti kemelut minyak goreng yang hingga saat ini tidak kunjung selesai dan mempertanyakan jiwa nasionalisme para produsen dan distributor minyak goreng.

“Melihat kenyataan di lapangan, pengusaha dan Menteri Perdagangan tidak berlebihan bila disebut ‘membutakan’ diri dari kesulitan rakyat. Kebijakannya dari awal tidak memberikan jalan keluar yang solutif. Malah membebani masyarakat,” ujar Bambang DH, mantan Wali Kota Surabaya dua periode ini, saat di acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Surabaya, Minggu.

Bambang mengatakan, saat ditentukan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang terjadi minyak goreng malah hilang dari pasar. Kemudian kebijakan diubah dengan menyerahkan harga ke mekanisme pasar.

“Mengejutkan sekaligus membuat trenyuh, stok minyak goreng langsung memenuhi rak-rak supermarket dan pasar. Tapi harganya mahal banget. Nah, katanya langka karena terkendala CPO sehingga produksi tersendat? Lha kok setelah harga tidak ditentukan, naik jadi mahal, banyak lagi stoknya?” katanya.

Baca Juga: Anggota DPR Minta Usut Mafia Penyebab Minyak Goreng Langka

Untuk itu, Bambang DH mempertanyakan jiwa nasionalisme para produsen dan distributor minyak goreng, yang rela menahan pasokan dan tidak segera mendistribusikannya. Padahal masyarakat sudah teriak-teriak tiap hari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button