Nasional

Kominfo Dukung Kolaborasi Usaha Anak Bangsa Untuk Hadirkan Metaverse

Dalam mengekspansi bisnisnya mengembangkan Metaverse di Indonesia, perusahaan itu mengajak kolaborasi baik perusahaan global maupun perusahaan nasional untuk bisa berpartisipasi sebagai contoh kemitraan dengan Meta dan Microsoft untuk pengembangan perangkat keras kacamata Augmented Reality dan Virtual Reality.

Dari dalam negeri, perusahaan itu berkolaborasi lintas sektor untuk dapat bergabung dalam ekosistem metaverse mulai dari sektor keuangan bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI), ada juga dari sektor pendidikan bersama Sekolah Multimedia Trisakti, hingga dari sektor kuliner yaitu bersama Museum Boga Indonesia.

Tentunya kolaborasi dengan berbagai pihak itu diharapkan dapat mendorong kehadiran metaverse yang dikenal sebagai “realitas campuran” dan memungkinkan masyarakat dapat memanfaatkan layanan baik di dunia virtual maupun realitas secara berbarengan dengan efektif dan inovatif.

Chief Marketing Officer WIR Global Gupta Sitorus menyebutkan meski masih di tahapan pengembangan awal agar metaverse di Indonesia benar-benar terealisasi namun saat ini pihaknya optimis bisa menghadirkan realitas campuran untuk masyarakat Indonesia.

Adapun fase pengembangan platform metaverse di Indonesia oleh WIR telah disiapkan untuk di Jakarta, Bali, serta Ibu Kota Negara Baru yaitu Nusantara di bawah pengawasan dari Kementerian Kominfo serta Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) agar selaras dengan visi dan tujuan Indonesia.

“Dunia metaverse ini tidak terbatas, namun untuk menavigasi serta berinteraksi di dunia ini diperlukan cara-cara khusus. Kami turut serta membangun metaverse dengan keahlian kami dalam pengembangan augmented reality terkini yang bisa menjawab kebutuhan metaverse masa depan,” ujar Gupta. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button