Nasional

Resmikan Dua PLTA, Jokowi Sentil PLN

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada PT PLN untuk terus memperbaiki praktik birokrasi mereka yang kerap menimbulkan keluhan dari kalangan investor yang tertarik berinvestasi di sektor energi.

Hal itu disampaikan ia di sela-sela sambutannya saat meresmikan dua pembangkit listrik tenaga air (PLTA) besutan Kalla Group di Sulawesi, yakni PLTA Poso Energy berkapasitas 515 MW di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah dan PLTA Malea Energy 90 MW di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

“Yang ingin saya tekankan pagi hari ini agar birokrasi utamanya di PLN itu betul- betul Pak Dirut diperhatikan, jangan sampai ada keluhan lagi,” kata dia, dalam sambutannya seperti dipantau dari siaran langsung kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden, seperti dikutip Antara, Jumat (25/2/2022)

Sebelum dia menyampaikan sambutannya, mantan Wakil Presiden yang juga pendiri Kalla Group, Jusuf Kalla, sempat mengeluhkan pengalaman menghadapi birokrasi berlarut- larut di PLN dalam proses pembangunan dua PLTA yang diresmikan kali ini.

Sosok yang akrab disapa JK itu turut menyarankan penyederhanaan proses birokrasi di PLN untuk investasi pembangunan pembangkit listrik energi hijau serta energi baru terbarukan (EBT) seperti PLTA guna memuluskan pencapaian target- target pengurangan emisi.

“Ini proses negosiasinya lima tahun Pak, baru negosiasi. Kemudian mengerjakannya tujuh tahun, jadi total 12 tahun.. Mudah- mudahan bisa diperpendek, negosiasi setahun cukup,” kata JK.

Menanggapi keluhan tersebut, Jokowi mengajak segenap pemangku kepentingan untuk sama-sama berpikir beban yang dihadapi investor ketika berinvestasi sektor energi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button