Nasional

G20: Kesepakatan Pajak Perusahaan Global Wajib Diterapkan Tahun Depan

INDOPOSCO.ID – Para menteri keuangan G20 pada Jumat (18/2/2022) berkomitmen kembali untuk menerapkan perombakan global aturan pajak perusahaan lintas batas tahun depan dalam menghadapi kekhawatiran bahwa memenuhi tenggat durasi bisa terbukti sulit.

Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), yang telah menggiring negosiasi kesepakatan sejak awal, mengatakan bahwa itu “masih di jalur” tetapi akan membutuhkan kompromi politik untuk mulai berlaku tahun depan.

Batas waktu secara luas dianggap sangat ambisius, paling tidak karena pemerintahan Presiden AS Joe Biden sedang berjuang untuk meloloskan undang-undang yang akan membawa hukum AS sejalan dengan kesepakatan global.

Negosiasi selama bertahun-tahun mencapai puncaknya Oktober lalu ketika hampir 140 negara mencapai kesepakatan tentang tarif pajak minimum 15 persen pada perusahaan multinasional dan setuju untuk mempersulit perusahaan seperti Google, Amazon dan Facebook untuk menghindari pajak dengan memarkir keuntungan di yurisdiksi pajak rendah.

Rincian teknis sedang dibahas di OECD yang berbasis di Paris sehingga negara-negara dapat membawa aturan baru ke dalam buku hukum mereka pada tahun depan.

Para menteri keuangan G20 mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama setelah pertemuan pada Jumat (18/2/2022) bahwa mereka berkomitmen untuk memastikan aturan baru akan mulai berlaku di tingkat global pada tahun 2023.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button