Nasional

Peneliti Ingin Presidensi G20 Dorong Transformasi Sistem Pendidikan

Keterampilan dasar mencakup kemampuan berhitung dan literasi, transferable adalah kemampuan seperti berpikir kritis, kepemimpinan serta komunikasi.

Kompetensi digital mencakup literasi digital yang memungkinkan siswa mengikuti perubahan dalam kebutuhan industri. Sedangkan keterampilan terakhir adalah yang khusus dibutuhkan berbagai pekerjaan di industri.

“Berbagai kompetensi yang dibutuhkan saat ini, terutama yang berkaitan dengan kompetensi teknologi dan digital membutuhkan kemampuan literasi dan numerasi yang baik,” ujarnya seperti dikutip Antara, Selasa (15/2/2022).

Berita Terkait

Penguasaan keempat keterampilan itu sangat penting untuk meningkatkan produktivitas, dan membantu siswa membangun dan mengembangkan kompetensi lain termasuk keterampilan berpikir kritis, menghubungkan ide secara logis, dan memecahkan masalah kompleks dengan cara yang efektif dan inovatif.

“Kemungkinan untuk membangun kemitraan antara pemerintah dengan swasta di sektor pendidikan, khususnya untuk meningkatkan infrastruktur dan fasilitas pembelajaran jarak jauh perlu dipertimbangkan,” tuturnya.

Nadia menuturkan pembangunan infrastruktur dan teknologi pendidikan yang merata di berbagai daerah merupakan komitmen pemerintah yang wajib diwujudkan untuk memperkecil kesenjangan pendidikan antardaerah.

Akses infrastruktur pendidikan yang merata akan berdampak pada partisipasi belajar siswa dan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan. (mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button