Nasional

Penanaman Perdana Pisang Cavendish Jadi Langkah Awal Bea Cukai Bentuk Kawasan Berikat Hortikultura

INDOPOSCO.ID – Dalam upaya mendukung peningkatan daya saing dan perdagangan produk dalam negeri serta mendorong ekspor komoditas hortikultura, Bea Cukai, diwakili Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Timur II, Oentarto Wibowo melaksanakan penanaman perdana pisang cavendish di Desa Maskuning Kulon, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso, pada 29 Januari 2022 lalu. Penanaman komoditas yang digadang akan menjadi primadona ekspor hortikultura ini, merupakan langkah awal pengembangan kawasan berikat hortikultura berorientasi ekspor oleh Bea Cukai.

Dijelaskan Oentarto, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan hortikultura yang memiliki prospek bagus di pasaran ekspor. Besarnya pangsa ekspor buah-buahan menjadikan pisang cavendish dikenal sebagai komoditas favorit dan digadang-gadang menjadi primadona ekspor. Bahkan saat ini, pisang dari Indonesia telah mampu bersaing dan telah menembus pasar erkspor dengan tujuan ke Jepang, Korea, China dan Middle East. Seperti diketahui, buah pisang dapat tumbuh dengan baik dan sesuai dengan iklim tropis di Indonesia.

Dalam kegiatan ini pun, Bea Cukai bersinergi dengan berbagai instansi dan melibatkan para petani untuk mendukung program pemerintah dalam melaksanakan pemulihan ekonomi nasional. “Kami bekerja sama dengan Kemenko Perekonomian, Kementerian Keuangan, Ditjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Kementerian Koperasi dan UKM, Pemerintah Kabupaten Bondowoso, dan PT Great Giant Foods untuk mendukung dan mendorong ekspor produk Indonesia menuju pasar global. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan pemberdayaan petani, karena perusahaan menerapkan konsep create shared value (CSV) artinya kerja sama ini bukan bagi hasil, tetapi bagi value (nilai) yaitu perusahaan akan mendukung dan memfasiltasi petani,” ujarnya.

Baca Juga : Ini Langkah Bea Cukai Untuk Percepat Arus Pelayanan Logistik

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button