Nasional

Menteri Teten Ajak UI Perkuat Kolaborasi Agar UMKM Berinovasi dan Beradaptasi Dengan Teknologi

Baca Juga : Gelar Vaksinasi Booster bagi UMKM, Menteri Teten Harapkan Kasus Covid-19 Dapat Dikendalikan

Pasalnya, ke depan, bisnis e-commerce akan terus berkembang, pekerjaan jarak jauh menjadi populer, pembayaran tanpa uang tunai akan menjadi standar untuk bisnis, pemasaran lewat sosial media dan video akan terus tumbuh dan menjadi kunci. Acara-acara juga dilakukan secara Hibrid, dan tentunya didukung pula oleh perkembangan kecerdasan buatan (AI).

MenKopUKM menegaskan bahwa komitmen tinggi pemerintah untuk meningkatkan kewirausahaan nasional telah dituangkan ke dalam Peraturan Presiden No. 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional 2021-2024.

“Perpres ini memiliki semangat untuk menciptakan ekosistem kewirausahaan, pedoman tunggal, dan penguatan sinergi antar K/L, Pemda, dan pemangku kepentingan lainnya,” papar Teten.

Bahkan, Kementerian Koperasi dan UKM terus mendukung penciptaan iklim kewirausahaan yang sehat. Misalnya, di Bandung, ada Grammars, ada The Hallway, dan Hear Me (juara pertama dan SDG’s category). Di Jakarta, ada M Bloc Space.

“Sekarang banyak anak muda berlomba-lomba membangun sentra UMKM keren, berbasis keunggulan lokal di kabupaten dan kotanya masing-masing,” pungkas MenKopUKM. (adv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button