Nasional

Menteri Teten Ajak UI Perkuat Kolaborasi Agar UMKM Berinovasi dan Beradaptasi Dengan Teknologi

INDOPOSCO.ID – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak Universitas Indonesia (UI) untuk memperkuat kolaborasi menjadi jembatan UMKM dalam berinovasi dan beradaptasi dengan teknologi. “Tujuannya, agar UMKM di Tanah Air semakin cepat naik kelas dan mendunia,” tandas Teten, dalam Orasi Ilmiah pada acara Dies Natalis UI Ke-72, secara daring, Rabu (2/2).

Menteri Teten berharap UI dengan visi Entrepreneurial University, terus memperkuat hubungan antara pendidikan, penelitian, dengan inovasi dan kewirausahaan. “Visi UI sejalan dengan semangat dan prioritas Kementerian Koperasi dan UKM di 2022,” kata MenKopUKM.

Yakni, meningkatkan rasio kewirausahaan Indonesia sehingga menciptakan pekerjaan (kelas menengah) baru. “Juga, menambah jumlah usaha kecil dan menengah agar struktur ekonomi menjadi lebih kokoh dan rasio kewirausahaan mencapai 3,95% di 2024,” ulas Teten.

Baca Juga : KemenKopUKM Percepat Transformasi Digital UMKM Dalam Manfaatkan Ekonomi Digital 2025

Bagi Teten, penggerak ekonomi dunia dan Indonesia ke depan, terletak pada perempuan, anak muda, dan ekonomi hijau. “Ini pula yang menjadi prioritas kami mendukung pemulihan transformatif tahun ini,” ucap Teten.

Dimana sekitar 70% program Kementerian Koperasi dan UKM akan menyasar langsung kepada pelaku UMKM, koperasi, perempuan, anak muda, dan fokus untuk mendukung pengembangan usaha ramah lingkungan.

Termasuk mendorong pembiayaan UMKM dan koperasi bergeser dari sektor perdagangan ke sektor riil. “Kita juga akan meningkatkan jumlah UMKM masuk ke ekosistem digital sebesar 20 juta UMKM ditargetkan go digital,” jelas MenKopUKM.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button