Nasional

Bea Cukai Kunjungi Tiga Perusahaan Penerima Fasilitas KITE dan Kawasan Berikat

Pantau Pemanfaatan Fasilitas

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai terus galakkan program customs visit customer (CVC), yaitu kunjungan ke para pelaku usaha yang menjadi pengguna jasa kepabeanan dan cukai. Program ini diyakini Kepala Sub Direktorat Komunikasi dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana sebagai wadah diskusi dan komunikasi yang efektif antara Bea Cukai dan stakeholders-nya. termasuk sebagai sarana monitoring pemanfaatan fasilitas yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan penerima fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) dan kawasan berikat.

“Mengawali program kerja tahun 2022, kantor-kantor vertikal Bea Cukai di berbagai daerah, seperti Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jakarta, Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur (Kalbagtim), dan Bea Cukai Bogor,  aktif mengunjungi para pengguna jasanya untuk dapat menampung masukan dan saran dari pengguna jasa demi peningkatan pelayanan Bea Cukai,” ujar Hatta, dalam keterangannya, Selasa (2/2).

Dia menjelaskan, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jakarta menyediakan wadah konsultasi kepabeanan melalui program CVC ke salah satu perusahaan penerima fasilitas KITE pengembalian, yaitu PT Suzuki Indomobil Motor. Berlokasi di Plant Cikarang, perusahaan ini bergerak di bidang kendaraan bermotor sejak tahun 1970 dan telah secara rutin mengkomunikasikan segala kendala dalam pemanfaatan fasilitas kepabeanan kepada Kanwil Bea Cukai Jakarta.

“Kanwil Bea Cukai Jakarta terus memberikan percepatan layanan, asistensi, dan konsultasi untuk perusahaan ini. Sehingga, PT Suzuki Indomobil Motor di tahun 2020 dapat mengekspor 45 ribu unit mobil dan 127 ribu unit sepeda motor ke delapan puluh negara di Asia, Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin dan Karibia, serta Oseania. Ke depannya kami harapkan tetap terjalin kerja sama yang baik antara kedua pihak, agar dapat mendongkrak ekspor nasional,” ujarnya.

Baca Juga : Amankan Penerimaan Negara, Bea Cukai Sumbawa Gelar Pemusnahan Barang Ilegal

Senada dengan program CVC Kanwil Bea Cukai Jakarta, kunjungan ke perusahaan penerima fasilitas KITE juga dilaksanakan Kanwil Bea Cukai Kalbagtim. PT Balikpapan Forest Industries, yang berlokasi di Penajam, Kalimantan Timur, merupakan penerima fasilitas KITE sejak tahun 2016 dan menjadi target asistensi Kanwil Bea Cukai Kalbagtim di tahun 2022 ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button