Nasional

Anggota Keluarga Positif Covid-19, Reisa Minta Jangan Asal Perawatan

Reisa juga meminta masyarakat menerapkan anjuran dalam Surat Edaran Menkes Nomor HK.02.01/Menkes/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus Covid-19 terkait Varian Omicron.

Dalam surat edaran itu bagi pasien yang bergejala ringan atau tidak bergejala, dianjurkan untuk menjalankan isolasi mandiri di kediaman masing-masing dengan memperhatikan syarat klinis serta syarat rumah yang menjadi tempat melakukan isolasi.

Syarat klinis yang dimaksud mengacu pada pasien itu berusia maksimal 45 tahun, tidak memiliki komorbid, dapat mengakses telemedicine atau layanan kesehatan lainnya serta berkomitmen untuk tetap melakukan isolasi mandiri sebelum diizinkan keluar.

Sementara untuk syarat rumah yaitu harus memiliki kamar yang terpisah dan kamar mandi yang terpisah dari anggota keluarga lainnya. Apabila terdapat kondisi yang tidak sesuai dengan syarat-syarat itu, maka anggota yang positif harus segera melakukan isolasi secara terpusat setelah mendapatkan rekomendasi dari tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat.

Selain memastikan varian Covid-19 dan tertib membedakan isolasi, ia menyarankan masyarakat untuk melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan menggunakan telemedicine untuk mendapatkan obat yang tepat dan melakukan pemantauan saturasi oksigen melalui oximeter yang ada di rumah.

Reisa turut menekankan, agar terhindar dari berbagai varian Covid-19 masyarakat diharapkan disiplin menjalankan protokol kesehatan juga menerapkan gaya hidup sehat sehingga mencegah terjadinya lonjakan kasus sewaktu-waktu. “Jangan lupakan juga protokol kesehatannya, makan yang bergizi, jangan stres dan istirahatnya harus cukup. Selalu jalankan gaya hidup sehat,” katanya dikutip Antara. (aro)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button