Nasional

Tingkatkan Kemampuan, Kementan Gelar Pelatihan Alsintan Tenaga TeFa SMKPP

“Pendidikan vokasi pertanian memiliki tujuan untuk menghasilkan alumni yang berkualitas, qualified job creator atau bisnis entrepreneurship yang tinggi, itu sudah merupakan keharusan,” katanya.

Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru Budi Santoso mengatakan, guna mendukung upaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan pelaku di TeFa, pihaknya selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari BPPSDMP Kementan kembali menggelar Pelatihan Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Dia menambahkan, selama empat hari, sejak Rabu pekan lalu (19/1/2022), pelatihan diikuti oleh delapan peserta yang merupakan petugas dari empat Lahan Praktek SMK-PP N Banjarbaru, yakni Guntung Lua, H. Idak, Guntung Payung, dan Cempaka.

Berita Terkait

Tegar Riki Subangkit selaku Penangung Jawab pelatihan menambahkan, “tujuan pelatihan memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga teknis tentang pengoprasian dan perawatan Alsintan untuk mendukung TeFa.”

Di tempat terpisah Kasubag Tata Usaha, Isnanto Purwokusumo mengingatkan untuk memanfaatkan sebaik mungkin ilmu yang didapat dari narasumber, agar kinerja TeFa SMK-PP N Banjarbaru makin maksimal.

Peserta kali ini mendapatkan materi dari tenaga professional, Reza Prahmana Saputra dari CV Putra Medium di Kota Banjarbaru. Materinya berupa pengenalan, pengoperasian, membuat jadwal perawatan, kegiatan perawatan pada alat wheel loader, mini excavator, mist blower, dan traktor pemasang mulsa.

“Pelatihan kita fokuskan di luar lapangan, agar lebih mudah memahami materi dan dapat langsung praktik peralatan Alsintan, sekaligus sama-sama belajar,” ujarnya. (ibs)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button