Nasional

Pengamat: Nasdem Jadikan Anies Investasi Politik

INDOPOSCO.ID – Pengamat politik dari Universitas Paramadina A. Khoirul Umam di Jakarta, Senin, menilai NasDem berusaha menjadikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai investasi politiknya menjelang Pemilu Presiden 2024.

Umam berpendapat bahwa Anies dapat membantu NasDem mempertahankan elektabilitas partai di tengah renggangnya hubungan antara Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Umam menyampaikan pendapatnya itu saat menanggapi kunjungan Anies ke Makassar bersama sejumlah petinggi NasDem, Sabtu (22/1/2022).

NasDem berusaha menjadikan Anies sebagai investasi politik untuk meraup efek ekor jas (coat tail effect) guna mempertahankan elektabilitas partainya,” kata Umam sebagaimana dikutip dari pesan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin (24/1/2022), seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Anies Baswedan Tegaskan Jakarta Tetap Pusat Perkonomian

Umam mengamati tingkat elektabilitas NasDem menurut sejumlah hasil survei dalam beberapa waktu terakhir mengalami penurunan atau koreksi tajam.

“Itu terjadi kemungkinan karena renggangnya hubungan Surya Paloh dan Megawati, serta tidak adanya sosok menjual di NasDem yang dapat diusung dalam kontestasi politik nasional,” kata Umam.

Oleh karena itu, Umam menilai NasDem agresif mengawal Anies demi mempertahankan suara partai pada tahun 2024.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button