Nasional

Jasuke, Jasuket & Alpucok Sukses, KPM PKH Graduasi Siap Ekspansi Usaha

INDOPOSCO.ID – Mencari “Es Jagung Chintya” tidaklah sulit. Lokasi warung es ini langsung muncul jika Anda masukkan kata kunci “Es Jagung Chintya” dan ketik “indramayu” di kolom pencarian Google.

Bahkan di beberapa foto, akan langsung ikutan nongol melengkapi alamat usaha di Jalan Sukaurip, Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Jabar). Rupanya sang pemilik sudah mendaftarkan usahanya di layanan “Google Search”.

Didominasi warna hijau, dengan sentuhan warna kuning, warung ‘Es Jagung Chintya’ tampak mencolok. Pemilik warung menambahkan display ikon jagung yang menempel di pilar teras. Seperti mengajak pemakai jalan mampir dan mencicipi manisnya es jagung.

Memasuki teras warung, langsung dihadapkan dengan daftar menu berikut harganya. Tak kalah keren, pelanggan yang sudi mampir, mendapatkan layanan ekstra: free WIFI.

Warung es jagung ini adalah monumen sukses Raneti, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah graduasi. Pada awalnya, kehidupan Raneti dan keluarga tidaklah mudah. Mereka harus banting tulang untuk menjaga agar tungku di dapur tetap berasap.

Baca Juga: Wajah Warga Suku Badui Itu Semringah Saat Mensos Datang

Ia harus berbagi tugas dengan suami. Raneti juga melakoni profesi sebagai asisten rumah tangga. Sementara suaminya merintis usaha es jagung. “Sehari-hari saya kerja jadi pembantu rumah tangga, sementara suami jualan es jagung,” kata Raneti saat ditemui belum lama ini.

Beruntung warga Desa Rawadalem, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, ini terdaftar sebagai KPM PKH pada tahun 2017. Sejak itulah ia menerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

Setahun kemudian Raneti merintis usaha es jagung bersama sang suami. Menyewa sebuah kios kecil di area Kantor Pos Sukaurip, usaha ‘Es Jagung Chintya’ milik Raneti dan suami beroperasi setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga 6 sore.

“Kami buka setiap hari dan hanya libur dua minggu sekali. Alhamdulillah sejak dagang es jagung, kondisi ekonomi keluarga kami mulai membaik sedikit demi sedikit,” kata ibu tiga orang anak ini.

Pengolahan es jagung terbilang tak sulit. Raneti menggunakan jagung muda (putren) sebagai bahan utama es jagung. Setelah disisir, jagung muda direbus di dalam air mendidih hingga lembek.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button