Nasional

BSSN: Data Pasien Covid-19 Bocor Bukan dari PeduliLindungi

Selain itu menurut dia melakukan pemantauan kinerja sistem keamanan dari sisi infrastruktur dan sisi aplikasi melalui pengguna” dashboard” berbagi pakai.

“Kemudian merekomendasikan implementasi teknik keamanan, merekomendasikan kepada kementerian komunikasi dan informatika, Kemenkes untuk mengimplementasikan teknik keamanan aplikasi berbasis web dan jaringan pada aplikasi PeduliLindungi dalam upaya menangkal serangan yang mungkin terjadi,” katanya Kamis (20/1/2022), seperti dikutip Antara.

Selain itu menurut dia, BSSN melaksanakan “anomali traffic” terhadap aplikasi PeduliLindungi yang disimpan pada pusat data nasional sementara Kemenkominfo yang memang menjadi fokus lembaganya.

Dia menjelaskan, BSSN memasang sensor sehingga aplikasi PeduliLindungi bisa dimonitor dari kantor pusat operasi keamanan siber.

“Lalu melakukan uji kelayakan pada tanggal 17 sampai 24 September 2021 BSSN melakukan uji kelaikan dengan hasil Telkom dapat menggunakan backup cloud bagi aplikasi PeduliLindungi dengan menindaklanjuti rekomendasi keamanan oleh BSSN,” katanya.

Menurut dia, BSSN juga menyimpan data cadangan terkait pasien Covid-19 yang berjumlah 2,98 juta di kantor pusat operasi keamanan siber.(mg1)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button