Nasional

Cek Kesiapan Ekspor, Bea Cukai Kunjungi Para Pelaku Usaha

Perusahaan lainnya, PT Kamboti, juga tengah menggalakkan ekspor produk bidang perkebunan, khususnya rempah-rempah asli Maluku. Pada tanggal 18 Januari 2022, Bea Cukai Ambon membantu perusahaan dalam registrasi CEISA 4.0 dan pembuatan modul PEB. “Kami memberikan penjelasan dan mengasistensi langsung perwakilan PT Kamboti pada saat registrasi CEISA 4.0. Setelah registrasi dan pembuatan modul PEB selesai, diharapkan eksportasi terlaksana sesuai rencana dan tanpa kendala ke Rotterdam, Belanda,” jelasnya.

Baca Juga : Targetkan Penerimaan dan Pelayanan Yang Maksimal, Bea Cukai Gelar CVC

Disebutkan Hatta, perusahaan tersebut berencana mengekspor tepung sagu, minyak kayu putih, kayu manis, dan selai pala. Saat ini, menurutnya pihak PT Kamboti menyatakan semua produk sudah siap dan tengah dalam proses pengemasan akhir dan pengurusan perizinan.

Tak jauh berbeda, kegiatan asistensi ekspor juga terlaksana di Timika. Bea Cukai Timika dalam rangka mendorong ekspor daerah melakukan kunjungan ke PT Tarusan Sukses Abadi untuk menggali potensi ekspor dari produk sari buah merah milik Petrus Kinho. “Menurut pemiliknya, produk sari buah merah ini berpotensi besar untuk diekspor. Saat ini, produk tersebut sudah dipasarkan di seluruh daerah di Indonesia melalui e-commerce sebagai obat tradisional. Perusahaan tersebut pun menjadi salah satu pelopor sari ekstrak buah merah yang dikemas dalam botol di Kabupaten Mimika,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Pandanus conoideus atau yang biasa disebut buah merah adalah jenis buah khas dari Papua yang termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dengan pohon menyerupai pandan. Tinggi tanaman ini dapat mencapai enam belas meter. Buah ini mengandung antioksidan yang kuat dan bermanfaat sebagai antikanker dan antiperadangan. Di Papua, buah merah biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dipotong-potong, lalu direbus atau dipanggang.

“Kami berharap produk lokal Kabupaten Mimika ini dapat segera dipasarkan ke mancanegara bukan hanya berputar di dalam negeri. Kami mendukung penuh akselerasi ekspor produk lokal dan berupaya untuk terus bersinergi dengan instansi lainnya agar terwujudnya program pemulihan ekonomi nasional,” tutup Hatta. (ipo)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button