Nasional

Mensos Minta TKSK Lebih Optimal Bantu Permasalahan Sosial di Lapangan

“Pendamping ini akan kita manfaatkan semaksimal mungkin. Contohnya, ada lansia tidak bisa apapun. Ini lah yang akan kita rembuk dengan aparat di bawah, seperti aparat desa, RT/RW misalnya ada yang memasakkan (membantu memasak),” tutur Risma.

Baca Juga : DPRD Lebak: TKSK Berbisnis Harus Dipecat

Peran pendamping itu tidak hanya melakukan proses pendistribusian bantuan sosial, namun bisa berdiskusi dengan masyarakat untuk membantu memecahkan masalah sosial.

“Jadi pendamping lebih intens mendampingi itu. Mungkin ada yang butuh bantuan rumah sakit, tapi dia nggak punya BPJS. Sehingga dia tidak berani ke rumah sakit. Ini yang akan kita perbaiki,” ucap Risma.

Pihak Kementerian Sosial tengah memetakan wilayah yang harus menjadi prioritas, dalam menerima bansos. Pemetaan itu juga bertujuan, agar TKSK memahami lingkungannya bertugas.

Kondisi tersebut mendorong TKSK untuk melakukan pemetaan dan melihat kembali apakah program sudah berjalan dan tepat sasaran. “Kita akan lakukan training-training, mereka bisa ikut, supaya mereka bisa keluar dari kemiskinan,” ujarnya. (dan)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button