Nasional

Edukasi Masyarakat, Bea Cukai Berikan Sosialisasi di Berbagai Daerah

Baca Juga : Jalin Sinergi, Bea Cukai Optimalkan Pelayanan dan Pengawasan di Sulbar dan Kalteng

Bea Cukai berkomitmen untuk terus memberikan edukasi masyarakat mengenai peran Bea Cukai dalam kegiatan perdagangan internasional. Selain itu, Bea Cukai juga berupaya meningkatkan layanan impor dan ekspor di sisi teknologi informasi dan pelayanan prima pada masyarakat,” ungkap Sulaiman, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Tanjung Perak.

Sementara itu di Semarang, Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng DIY mengadakan kelas fasilitas bertajuk perizinan berusaha berbasis risiko _Online Single Submission_ (OSS) _Risk Based Approach_ (RBA) pada Rabu, 12 Januari 2022 secara _hybrid_ (kombinasi metode daring dan luring). Kelas fasilitas ini diikuti oleh seluruh perusahaan penerima fasilitas kepabeanan di lingkungan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng DIY, Muhamad Purwantoro menyatakan bahwa perizinan saat ini menerapkan prinsip _trust but verifiy_, yakni perizinan berbasis risiko. Artinya perizinan dimudahkan dan prosesnya disederhanakan namun dengan pengawasan yang dilakukan secara terkoordinasi, terintegrasi, transparan, dan akuntabel. “Pemerintah berharap melalui penyampaian materi OSS RBA, fasilitas kepabeanan dan cukai yang diberikan dapat memberikan manfaat yang tepat sasaran dan tidak disalahgunakan,” pungkas Purwantoro.(Ipos)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button