Nasional

Susuri Sungai ke Perbatasan RI-Malaysia, Mensos Salurkan Bantuan Banjir

Kemudian ada juga popok bayi @ 5 buah 2.500 pak, biskuit 1.000 paket, pembalut wanita 250 pak, pakaian dewasa 200 potong, pakaian anak-anak 200 stel, penjernih air 5 paket, tas sekolah 200 buah, sepatu boot 100 pasang, dan paket kebersihan 100 paket (sapu, serokan air, ember, gayung dan kain lap).

Usai bertemu warga, Mensos mengecek penyaluran bantuan sosial di Kantor Kecamatan Sembakung. Dari data yang ada Mensos masih menemukan adanya keterlambatan penyaluran bansos. Untuk mempercepat bansos, Mensos berencana akan melibatkan PT Pos Indonesia.

Dari Kecamatan Sembakung, Risma bergerak menuju ke Kecamatan Mansalong, Kabupaten Nunukan. Tiba saat hari sudah gelap, Mensos menuju gedung pengumpulan bantuan logistik.

Selain mengecek ketersediaan dan kondisi barang bantuan, Risma juga mendengarkan aspirasi para tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh publik. Sama seperti di Sembakung, di Desa Mansalong, Kecamatan Lumbis, masyarakat juga menyampaikan permohonan senada.

Paulus Morang, tokoh adat setempat, menyampaikan usulan relokasi hunian masyarakat dari bantaran sungai ke kawasan yang lebih aman. “Ada sekitar 6.000 KK Bu yang perlu relokasi,” tandasnys.

Kemudian juga masalah keterlambatan bantuan sosial dan akurasi data. Mensos menyatakan akan segera menindaklanjuti permintaan warga yang terkait tugas dan fungsinya.

“Tapi yang bukan tusi saya, seperti relokasi saya akan sampaikan ke Pak Menteri PU,” tandasnya.

Untuk data, ia menekankan bahwa hal tersebut merupakan kewenangan daerah. Proses perbaikan data dilakukan secara berjenjang dari desa/kelurahan.

“Saya membuat SK setiap bulan. Jadi bapak-bapak lakukan perbaikan setiap bulan pak ya,” kata Mensos saat mengecek pencairan bansos di gedung aula desa.

Kepada Koordinator Daerah PKH dan Koordinator TKSK, Mensos mengingatkan, salur Bansos tahun 2021, masih memungkinkan sampai 14 Januari 2022. Mensos meminta semua pihak terkait untuk memastikan, semua penerima manfaat dapat mencairkan bantuannya. (dan)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button