Nasional

Percepat Layanan Sertifikasi Perikanan, KKP Rilis e-SKIPP

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan e-SKIPP domestik atau sertifikat kesehatan ikan dan produk perikanan domestik elektronik sebagai upaya digitalisasi untuk mempercepat layanan terkait sertifikasi perikanan kepada masyarakat yang memerlukannya.

Plt Kepala Tubuh Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP Hari Maryadi di Jakarta, Jumat, menyatakan pihaknya terus mendorong digitalisasi layanan kepada masyarakat terutama saat ini adalah era digitalisasi.

“Di era transformasi digital, BKIPM selaku otoritas kompeten dituntut lebih terkendali, efektif, dan efisien, sehingga perlu transformasi layanan penerbitan sertifikat KIPP domestik dari paper based ke paperless,” katanya, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga: Trenggono Lantik Sembilan Pejabat Baru Tingkatkan Kinerja KKP

Ia mengemukakan bahwa melalui sertifikasi elektronik ini setidaknya terdapat efisiensi APBN sejumlah Rp1,6 miliar yang berasal dari biaya pencetakan dan distribusi/pengiriman.

Hari mengungkapkan, digitalisasi tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas 3 Agustus 2020. Dalam rapat tersebut, Presiden meminta percepatan transformasi digital dengan mengubah secara sistemis cara kerja, cara beraktivitas, cara berkonsumsi, cara belajar, cara bertransaksi yang sebelumnya luring lebih banyak ke daring.

Ia menyebut keunggulan e-SKIPP di antaranya memberikan kemudahan dalam pemeliharaan dan pengelolaan dokumen SKIPP serta dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button