Nasional

Ini Nasihat Kepala BKKBN untuk Seluruh Remaja Se-Indonesia

“Ujung-ujungnya menjadikan kualitas sumber daya manusia kita sangat rendah. Kita perlu tahu, bahwa kehamilan pada usia muda itu sangat berisiko bagi proses persalinan itu sendiri. Hamil pada usia muda menyebabkan tulang berhenti tumbuh, maka dari itu usia ideal perempuan menikah usia 21 tahun dan laki-laki usia 25 tahun,” tandasnya dilansir Antara.

Hasto menyebutkan di seluruh dunia penduduk remaja sudah ada sebanyak 1,8 miliar. Namun bila bicara mengenai kondisi Indonesia pada tahun 2025, jumlah remaja usia 10-14 tahun diprediksi mencapai sebanyak 64 juta jiwa. Artinya, populasi tersebut mencapai 28,6 persen dari total penduduk negara.

Ini agar dapat memetik bonus demografi sesuai dengan prediksi, katanya, BKKBN kini sedang mengembangkan Rumah baca PKB/PLKB yang merupakan media sosial untuk melayani informasi kepada penyuluh KB PLKB, kader dan mitra-mitra kerja di lini lapangan.

BKKBN juga meluncurkan logo baru yang bermakna “Wadah dan jendela Pengetahuan Informasi” bagi penyuluh KB PLKB, kader dan Mitra lini lapangan, yang salah satunya jendela informasi seputar persiapan pernikahan.

Ia berharap, para remaja dapat menjadi generasi yang berencana, karena negara sangat mengharapkan generasi muda menjadi generasi yang berkualitas sebagai tumpuan masa depan bangsa.

“Kuncinya apabila remaja berkualitas, penduduk berkualitas maka kita akan memetik bonus demografi menjadi kesejahteraan bangsa. Oleh karena itu, remaja tidak kawin pada usia muda, kemudian bekerja, tidak putus sekolah. Emotional sex itu bisa tidak terbendung,” ujar Hasto. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button