Nasional

Kompolnas Apresiasi Upaya Kapolri Dorong Kesetaraan Gender

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam rilis akhir tahun 2021, di Mabes Polri, Jumat (31/12), memaparkan isu terkait kesetaraan gender di organisasi Polri.

Menurut dia, isu kesetaraan gender kerap menjadi permasalahan di berbagai belahan dunia.

Polri, kata Sigit, akan memberikan ruang dan kesempatan bagi jajaran laki-laki maupun perempuan untuk memangku jabatan Irjen.

“Kita akan beri ruang untuk jabatan setingkat inspektur jenderal polisi dan ini tentunya menjadi program kami untuk terus memberikan kesempatan dan ruang bagi kesetaraan gender,” kata Sigit.

Jenderal bintang empat itu menyebutkan, Polri perlu melakukan adaptasi untuk menciptakan kesetaraan gender di internal Polri.

Ia menyampaikan, dalam rangka mewujudkan kesetaraan gender di lingkungan Polri, pihaknya akan meningkatkan kemampuan anggotanya.

Sigit menambahkan, tidak menutup kemungkinan polisi perempuan dan laki-laki akan bisa menangani penugasan khusus yang masuk kategori berisiko tinggi.

“Khususnya juga beberapa penugasan yang high risk yang tentunya ini juga memerlukan kesiapan dan kemampuan khusus dari anggota kita dan ini akan kita tingkatkan ke depan,” kata Sigit.

Berdasarkan data Divisi SDM Polri, jumlah Polwan Polri dalam kurun dua tahun terakhir 2019-2021 yakni sebanyak 24.722 personel.

Dari 24.722 personel Polwan tersebut, dari segi kepangkatan ada tiga personel yang berpangkat brigadir jenderal (Brigjen), 19.830 berpangkat bintara, 3.412 berpangkat perwira pertama (Pama) dan 1.477 personel berpangkat perwira menengah (pamen).(mg3)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button