Nasional

Sandiaga Uno: Penyelenggaraan Formula E Harus Libatkan UMKM

“Otomotif Sport Tourism ini yang kita kerja samakan dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan lain-lain, bisa mendatangkan kegiatan ekonomi dan membuka lapangan kerja. Bagi saya tahun 2022 adalah tahun kebangkitan. Kita harus bersatu padu dan lihat secara keseluruhan bahwa kita harus Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama),” tutur ia.

Sementara itu, Pengamat tata kota dan lingkungan hidup Nirwono Joga mengatakan balapan Formula E yang rencananya dilangsungkan di Ancol, Jakarta Utara, harus menjadi dorongan untuk menjadikannya sebagai percontohan kawasan rendah polusi.

Terlebih, tutur ia, ajang balap mobil listrik tersebut memanglah dari awal untuk kampanye penggunaan kendaraan listrik sebagai usaha menekan kadar emisi gas campakkan di Jakarta.

“Saya justru melihat dengan penetapan Formula E di Ancol, makan kita mendorong Ancol sebagai kawasan percontohan, yakni tidak sekedar lokasi penyelenggaraan Formula E, tetapi juga bisa melihat umpamanya Ancol menjadi kawasan rendah emisi,” tutur Nirwono.

Kawasan rendah emisi tersebut, tutur Nirwono, bisa dilakukan dengan cara menjadikan Ancol ramah untuk pesepeda, menghasilkan sistem transportasi dalam kawasan yang benar-benar ramah lingkungan seperti menggunakan bus listrik atau biogas, hingga menjadikan Ancol sebagai kawasan hutan kota. (mg4)

 

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button