Nasional

Pengumpulan BAZNAS Pusat 2021 Tumbuh 33 Persen

Rizaludin Kurniawan mengatakan, nilai penghimpunan ini merupakan pencapaian dari dua fungsi BAZNAS sesuai amanah UU no. 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat yaitu sebagai koordinator dan pengendali dengan kewenangan membuat Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di instansi pemerintah dan swasta sebesar 32 persen. Sedangkan 68 persen lainnya merupakan pengumpulan zakat non UPZ sebagai amanah kontitusi dalam menjalankan fungsi operator melalui berbagai kemudahan layanan zakat yang BAZNAS sediakan.

Layanan kemudahan ini diantaranya melalui puluhan kanal digital, termasuk website baznas.go.id naik 51 persen dari tahun lalu menjadi sebesar Rp136,99 miliar. Perolehan ini menunjukkan banyaknya milenial yang mempercayakan zakatnya melalui BAZNAS.

“Tercatat sekitar 70 persen donatur BAZNAS sepanjang 2021 adalah anak muda dengan rentang usia 25 – 44 tahun. Mereka yang gemar berbagi memanfaatkan platform-platform digital dan layanan BAZNAS yang tersebar di banyak merchant untuk membayar zakat maupun bersedekah,” katanya.

Layanan kemudahan lainnya yakni melalui metode retail seperti transfer bank, pembayaran di sejumlah merchant seperti minimarket, pegadaian, kantor pos serta layanan zakat perusahaan, layanan potong langsung (zakat payroll system), CSR.

Rizaludin mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan melalui pembayaran ZIS di layanan-layanan yang BAZNAS sediakan.

“Selain itu kami kami mohon doanya di tahun 2022 BAZNAS secara nasional punya target pengumpulan 26 triliun dengan target BAZNAS di tingkat pusat sebesar Rp760 miliar naik 50% dari tahun 2021,” katanya.

Pada kesempatan yang sama M. Arifin Purwakananta Deputi Bidang Pengumpulan BAZNAS RI menyampaikan bahwa pencapaian yang baik ini akan menjadi modal bagi pengumpulan ZIS dan DSKL tahun depan secara nasional dari BAZNAS dan LAZ yang ditarget sebesar 26 Triliun Rupiah. “Perlu adanya semangat kolaborasi dan kerjasama antara semua pegiat zakat BAZNAS maupun LAZ se-Indonesia dan ekosistem zakat lainnya untuk mencapai target yang tinggi di tahun depan,” pungkas Arifin. (srv)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button