Nasional

128 Calon Hakim Agung Lolos Seleksi Administrasi

Baca Juga : Gubernur Banten Terima Kunjungan Sekretaris Mahkamah Agung RI

Terakhir, berdasarkan profesi diketahui sebanyak 100 calon bekerja sebagai hakim, 12 orang sebagai akademisi, empat orang pengacara, satu orang jaksa, dua orang notaris, dan profesi lainnya sebanyak sembilan orang.

Untuk hakim ad hoc tipikor MA, dari 46 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, terdiri dari 39 orang laki- laki dan tujuh orang perempuan. Lima orang pendaftar di antaranya merupakan sarjana, 23 orang bergelar magister, dan 18 orang menyandang gelar doktor.

Setelah dinyatakan lolos administrasi, para calon akan menjalani seleksi kualitas pada 10 hingga 12 Januari 2022 di Balitbangdiklatkumdil MA Kabupaten Bogor.

Materi seleksi kualitas meliputi menulis makalah di tempat, studi kasus hukum, studi kasus Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) serta tes objektif.

Para CHA yang mengikuti seleksi kualitas wajib menyerahkan karya profesi berupa soft copy dalam format Portable Document Format (PDF) dan surat rekomendasi

Terakhir, seleksi yang dilakukan oleh KY untuk mencari delapan posisi CHA yang dibutuhkan MA. Rinciannya, satu orang untuk kamar perdata, empat orang di kamar pidana, satu orang untuk kamar agama, dan dua untuk kamar tata usaha negara khusus pajak. Selain CHA, juga dibutuhkan tiga orang untuk hakim ad hoc tipikor pada MA. (mg2)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button