Nasional

Menko PMK Terbitkan Surat Rekomendasi Terkait SNI Aksara Nusantara

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia(PANDI) dan para pegiat Aksara Nusantara mengaku sangat bersemangat dan suka karena mendapat dukungan dari pemerintah.

“Saya mewakili PANDI dan teman-teman Pegiat Aksara Nusantara sangat bahagia dan haru mendengar hal tersebut. Ini menjadi momentum yang baik bagi digitalisasi Aksara Nusantara. Semoga ke depannya Aksara Nusantara bisa diimplementasikan kedalam perangkat digital, sehingga akses penggunaannya akan lebih mudah digunakan,” tutur Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Kerjasama, dan Pemasaran Heru Nugroho.

Sudarto HS, salah satu pegiat aksara Nusantara yang juga merupakan bagian dari tim pengusung Digitalisasi Aksara Jawa ke UNICODE pada tahun 2007, menyambut bahagia kabar tersebut.

“Semoga rekomendasi Menko PMK tersebut bisa segera ditindaklanjuti untuk diimplementasikan oleh industri. Misalnya pemberitahuan ke Microsoft, bahasa dan aksara yang di sistem Windows diperbarui atau distandarkan sesuai dengan Aksara Nusantara SNI.”

Sepertinya Microsoft selain untuk Jawa yang sudah aktif, juga bersedia memasukkan bagan bahasa lain seperti Bali, Sunda, Batak dan Aksara Nusantara lain, tuturnya. (mg4)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button