Nasional

Buku “Historiografi Khittah dan Politik Nahdlatul Ulama” Diluncurkan

INDOPOSCO.IDBukuHistoriografi Khittah dan Politik Nahdlatul Ulama” karya Ahmad Basho diluncurkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat secara lebih mendalam mengenai khittah dan politik NU.

“Latar Belakang penerbitan buku ini bermula dari kegelisahaan terhadap deviasi pemahaman tentang Khittah NU,” kata Ketua Yayasan Garuda Bhumandala, Taufiq R.Abdullah seperti dikutip Antara, Rabu (22/12/2021).

Ia yang punya berperan besar dalam penerbitan buku tersebut mengatakan Khittah NU sering menjadi alibi untuk mereduksi perjuangan NU, pada sebatas komitmen untuk berceramah dan berkarya di jalur sosial budaya belaka.

Baca Juga : Said Aqil Bersyukur Indonesia Memiliki Ulama yang Nasionalis

Padahal, perjuangan NU sejak awal kelahirannya, mencakup pula kesediaan untuk memasuki arena politik praktis, demi menyuarakan serta membela faedah umat, sekaligus ikut memastikan tegaknya agama dan negara secara serasi dalam koridor NKRI.

“Khittah NU banyak disalahpahami, terjadi semacam deviasi pemahaman. Bahkan ada yang menganggap confused (membingungkan, red) dalam konsepsi. Deviasi pemahaman itu terlihat dari reduksi dan simplifikasi, ada yang mempertentangkan khittah dan politik,” ucapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button