Nasional

Kemendag Permudah Perizinan Ekspor Impor

INDOPOSCO.ID – Kementerian Perdagangan berusaha memudahkan perizinan ekspor dan impor, yang salah satunya dilakukan dengan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan(Permendag) Nomor 19 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Pengaturan Ekspor dan Permendag Nomor 20 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor yang telah berlaku pada 15 November 2021.

Kedua Permendag tersebut merupakan produk hukum anak Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Membuat Kerja.

“Dengan berlakunya kedua Permendag baru ini, maka semua peraturan dalam permendag terkait ekspor dan impor sebelumnya kini telah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi,” tutur Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana melalui keterangannya diterima di Jakarta, Minggu.

Namun, lanjut Wisnu, perizinan berusaha yang telah diterbitkan berdasarkan peraturan sebelumnya dinyatakan tetap berlaku sampai dengan masa berlakunya berakhir.

Ketentuan tersebut diatur dalam Pasal 49 dan Pasal 50 Permendag Nomor 19 Tahun 2021 untuk perizinan berusaha di bidang ekspor; dan Pasal 52, Pasal 53, dan Pasal 54 Permendag Nomor 20 Tahun 2021 untuk perizinan berusaha di bidang impor.

Wisnu menyampaikan, salah satu perubahan penting dalam pengaturan perizinan ekspor impor dengan berlakunya kedua Permendag ini adalah implementasi Single Submission(SSm), yaitu pengajuan perizinan melalui Sistem Indonesia National Single Window(INSW).

Tujuannya, adanya data yang terintegrasi dampingi K/L dan menjadi superset data untuk menghilangkan repetisi dan penggandaan.

Perizinan ekspor impor, lanjut Wisnu, kini semakin mudah dan cepat dengan integrasi sistem INATRADE dengan sistem INSW.

Pelaku usaha mengajukan permohonan melalui Sistem INSW, yang merupakan hub untuk sistem pelayanan perizinan di seluruh K/L terkait. Sehingga pelaku usaha tidak perlu lagi membuka gerbang K/L terkait untuk memenuhi persyaratan perizinan, khususnya di bidang ekspor dan impor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button