Nasional

Selain Mobilisasi SDM-Lumbung Sosial, Mensos Perintahkan Eselon 1 Turun ke Titik Bencana

Risma mengecek kondisi Lumbung Sosial di Sekretariat Badan Kerja Sama Antar Daerah (BKAD) di dekat Kantor Kecamatan Tebelian, Kabupaten Sintang. Mensos hadir didampingi Bupati Sintang Jarot Winarno, dan staf. Menjelang sore hari, Mensos juga mengecek kesiapan Lumbung Sosial di Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang.

Di Tempunak, Mensos mengecek bantuan yang pernah diberikan untuk mengatasi dampak banjir. Kepada Mensos, Camat Tempunak Mariono menyatakan apresiasi dan terima kasih. Bantuan alat penjernih air dari Kemensos dirasakan manfaatnya bagi warga.

“Terima kasih kepada Ibu Mensos. Alat penjernih air ini sangat membantu Karena sulit mendapatkan air bersih saat banjir tiba. Malam kami saring, pagi airnya sudah bisa dikonsumsi,” kata Mariono, warga sekitar.

Lumbung Sosial menjadi kebijakan umum Mensos sebagai salah satu upaya membantu kelangsungan hidup masyarakat terdampak bencana. Lumbung Sosial didirikan di sejumlah daerah rawan bencana.

“Lumbung Sosial tidak hanya berisi kebutuhan logisitik, makanan, tapi juga beberapa kebutuhan yang menopang kelangsungan kehidupan sosial masyarakat terdampak bencana,” ujar Risma.

Mensos Tri Rismaharini Menyerahkan Bantuan Ke Korban Banjir Di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Foto : Kemensos
Mensos Tri Rismaharini Menyerahkan Bantuan Ke Korban Banjir Di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Foto : Kemensos

Saat terjadi bencana di Sintang, misalnya, pernah sampai satu bulan setengah dalam kondisi darurat karena mengalami mati lampu. “Maka di Lumbung Sosial tersebut tidak hanya berisi bahan makanan. Namun bisa berupa genset, bahan bakar, perahu karet, penjernih air, pompa air, tenda, selain juga bahan kebutuhan pokok,” jelasnya.

Dimana Lumbung Sosial didirikan, akan sangat tergantung dari kondisi geografis dan kebutuhan daerah. ”Karena itu, pendekatannya bukan administrative, tapi lebih ke kondisi geografis,” tandasnya Mensos Risma. (dan)

Laman sebelumnya 1 2
Sponsored Content
Back to top button